Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: 5 Alasan Bisnis Jadi Sepi Pengunjung
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
5 Alasan Bisnis Jadi Sepi Pengunjung . Ada banyak alasan mengapa bisnis atau toko menjadi sepi. Seperti yang kita ketahui, dalam bisnis ada ...
5 Alasan Bisnis Jadi Sepi Pengunjung. Ada banyak alasan mengapa bisnis atau toko menjadi sepi. Seperti yang kita ketahui, dalam bisnis ada banyak faktor yang saling mempengaruhi mulai dari ide usaha, lokasi kantor, promosi, harga jual, servis, manajemen, persaingan, dsb. Bahkan beberapa orang menambahkan kata "hoky" yang berkaitan dengan sukses gagalnya sebuah usaha. Bagi kami sendiri, tidak ada istilah "hoky". Yang ada adalah kepintaran otak manusia.
5 Alasan Bisnis Jadi Sepi PengunjungMenjual Produk Yang Tidak Dibutuhkan Orang

Kalau Anda menjual sesuatu yang tidak dibutuhkan orang, sudah pasti toko atau kantor Anda bakalan sepi. Alasannya sederhana karena memang tidak ada yang butuh, otomatis bagaimana orang akan beli? Contoh misalnya Anda menjual senjata pembunuh dinosaurus. Padahal kita tahu sudah tidak ada lagi dinosaurus. Jadi siapa yang akan membeli senjata tersebut? Tentu tidak ada bukan? Kesimpulannya: jangan pernah menjual apa yang tidak dibutuhkan orang!

Harga Yang Dikenakan Terlalu Mahal

Kalau kita sendiri mencari toko atau supplier yang paling murah, masa kita menuntut orang lain harus membeli di tempat kita sementara kita menjual dengan harga mahal? Ini sudah tidak sesuai logika akal sehat. Kalau kita sendiri malas atau enggan membeli di toko mahal, demikian juga dengan orang lain. Jadi jangan pernah menetapkan harga jual yang terlalu mahal. Bukan berarti harus dijual paling murah juga. Sesuaikan dengan biaya operasional yang ada.

Servis Tidak Memuaskan

Membuka usaha bukan saja soal menjual produk tetapi juga soal servis. Bagaimana kita berhubungan dengan pembeli, mendengar keluhan konsumen, menerima feedback dan terus menjalin relasi. Jika tokonya murah tetapi pelayanannya jelek, orang-orang juga akan malas datang kembali. Namun sebaliknya jika servisnya bagus, orang akan kembali lagi bahkan mengajak teman. Orang-orang ingin diperlakukan sebagai seorang manusia bukan sebagai pembeli saja.

Lokasi Toko Di Ujung Langit

Maksudnya kalau toko atau kantor kita susah dijangkau pembeli, bagaimana orang bisa datang membeli? Kita saja malas jika harus menempuh perjalanan 2 jam ke sebuah toko apalagi orang lain? Maka itu kita mengerti mengapa ada kantor cabang, restoran cabang, toko ke-2, ke-3, dst. Ini hanya untuk memudahkan konsumen berbelanja alias mendekatkan diri ke pembeli. Jadi cobalah cari lokasi toko atau kantor yang paling dekat dengan target pasar Anda.

Promosi Kurang atau Tidak Tepat Sasaran

Jika produk yang kita jual dibutuhkan banyak orang, harga yang kita berikan cukup bersaing, pelayanan kita juga tidak buruk-buruk amat, lokasi toko juga dekat dengan pembeli, namun jika tetap sepi maka alasannya adalah: kurang promosi atau promosi tidak tepat sasaran. Bagaimana orang bisa datang membeli jika tidak tahu kita berjualan atau tidak tahu nomor telepon dan alamat toko/kantor kita?

Inti jawaban atas pertanyaan "mengapa bisnis saya sepi" adalah: karena orang membeli di tempat lain!
sumber :

About Author

Advertisement

 
Top