Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: Etika,Moral, Dan Akhlak Dan Aktulisasinya Dalam Kehidupan Menuju Akhlakul Qarimah
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
Etika,Moral, Dan Akhlak Dan Aktulisasinya Dalam Kehidupan Menuju Akhlakul Qarimah A. AKHLAK Akhlak Secara umum dapat dikatakan bahwa ...
Etika,Moral, Dan Akhlak Dan Aktulisasinya Dalam Kehidupan Menuju Akhlakul Qarimah

A. AKHLAK

Akhlak Secara umum dapat dikatakan bahwa akhlak yang baik pada dasarnya adalah akumulasi dari aqidah dan syari’at yang bersatu secara utuh dalam diri seseorang. Apabila aqidah telah mendorong pelaksanaan syari’at akan lahir akhlak yang baik, atau dengan kata lain akhlak merupakan perilaku yang tampak apabila syari’at Islam telah dilaksanakan berdasarkan aqidah.

B. MORAL

Moral adalah ajaran baik dan buruk yang ukurannya adalah tradisi yang berlaku di suatu masyarakat. Seseorang dikatakan bermoral kalau sikap hidupnya sesuai dengan tradisi yang bekerja dimasyarakat tempat ia berada, dan sebaliknya seseorang dianggap tidak bermoral jika sikap hidupnya tidak sesuai dengan tradisi yang berlaku di masyarakat tersebut. Dan memang menurut ajaran Islam pada asalnya manusia adalah makhluk yang bermoral dan etis.

C. ETIKA

Etika adalah sebuah tatanan perilaku berdasarkan suatu sistem tata nilai suatu masyarakat tertentu, Etika lebih banyak dikaitkan dengan ilmu atau filsafat, karena itu yang menjadi standar baik dan buruk itu adalah akal manusia. Jika dibandingkan dengan moral, maka etika lebih bersifat teoritis sedangkan moral bersifat praktis. Moral bersifat lokal atau khusus dan etika bersifat umum.

Perbedaan antara akhlak, moral dan etika
Secara substansial akhlak,etika,dan moral adalah sama yaitu ajaran tentang baik dan buruk berkaitan dengan sikap hidup manusia. Yang membedakan satu dengan yang lainnya adalah kebenarannya. Akhlak bersumberkan al-Quran dan al-Sunnah,sementara Etika bersumberkan akal karena ia bagian bagian dari filsafat. Sedangkan moral bersumberkan adat istiadat (tradisi) yang berlaku dimasyarakat. Etika lebih bersikap teoritis,moral bersikap praktis,etika bersifat umum. Sedangkan moral lebih bersifat lokal dan khusus. Akhlak bersifat universal dan komprehensif mencakup aspek lahir dan bathin.

About Author

Advertisement

Post a Comment

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top