Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: Suzuki nex SUPER Fi, Skutik Super Irit telah dilucurkan Oleh Suzuki
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
Motor skutik telah merajai pasar motor di tanah air. Pangsa pasar motor matik terus meroket dari tahun ke tahun dan akhirnya melewati juml...

Motor skutik telah merajai pasar motor di tanah air. Pangsa pasar motor matik terus meroket dari tahun ke tahun dan akhirnya melewati jumlah penjualan motor bebek yang sebelumnya mendominasi pasar motor di Indonesia. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Motor Indonesia, di kuartal pertama tahun 2012 ini saja penjualan motor matik telah mencapai angka 1.056.199 unit atau 54,16 persen dari total penjualan 1.950.047 unit. Sementara itu pamor motor bebek makin memudar dan hanya mampu terjual 712.170 unit saja atau sekitar 36,52 persennya.

Besarnya minat masyarakat terhadap motor matik membuat produsen motor berlomba-lomba meluncurkan motor matik barunya. Sebagai salah satu produsen motor yang telah lama berkiprah di pasar otomotif tanah air, Suzuki menjadi salah satu produsen motor yang menyadari kondisi ini. Dengan beberapa line up motor matiknya seperti Hayate, Skydrive dan Nex, Suzuki senantiasa berusaha memperbarui produk-produk motor matiknya dengan inovasi teknologi dan desain. Kini saat tren teknologi motor matik menggunakan teknologi fuel injection, Suzuki memperkenalkan nex Fi (Fuel Injection). Teknologi fuel injection yang disematkan pada Suzuki nex menyandang nama Suzuki Performance (SUPER) Fuel Injection. Matik andalan Suzuki ini menjadi matik pertama Suzuki yang menggunakan teknologi Fuel Injection.

Dari sisi desain, nex Fi tetap mempertahankan bentuknya yang sporty, stylish dan ringan yang menjadi ciri khas dari Suzuki nex. Namun terdapat perubahan minor di lampu sein yang kini tampil kebiruan agar berkesan sejuk dan ramah lingkungan. Perubahan yang mencolok terjadi pada velg casting wheel yang kini menggunakan tiga palang berwarna silver untuk kesan sporti dan dinamis. Perbedaan lainnya tentu saja pada nex Fi ini terdapat emblem logo Fuel Injection (Fi) di bagian depan stang kemudi.

Suzuki nex Fi menawarkan kecanggihan dan keunggulan teknologi fuel injection-nya. Kecanggihan dan keunggulan ini bisa dilihat dari banyaknya sensor yang digunakan. Beberapa di antaranya adalah Tip-Over Sensor (TOS), Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor (CKPS), Engine Temperature Sensor (ETS) dan Oxygen Sensor (O2S). Banyaknya sensor ini membuktikan betapa canggih dan inovatifnya teknologi yang disematkan pada Suzuki nex Fi. Itu sebabnya teknologi fuel injection pada nex disebut juga dengan Suzuki Performance (SUPER) Fuel Injection.

Beberapa keunggulan teknologi fuel injection nex yang bisa didapatkan antara lain :
1. Rasio udara dan BBM dapat diprogram menggunakan Engine Control Module (ECM).
2. Emisi gas buang lebih rendah.
3. Efisiensi BBM menjadi lebih baik.
4. Tarikan lebih responsif dan suara mesin lebih halus.
5. Walaupun dalam kondisi mesin dingin, mesin tetap mudah dinyalakan.
6. Berkendara lebih aman karena Tip-Over Sensor akan mematikan sistem fuel injection jika motor miring lebih dari 65 derajat atau terjatuh.

Keunggulan lain yang bisa didapatkan pengendara jika mengendarai nex Fi adalah kemudahan dan murahnya biaya perawatan. Ini dimungkinkan karena tidak perlu lagi membersihkan karburator secara berkala. Selain itu suku cadangnya cukup terjangkau dan didukung teknisi spesialis fuel injection Suzuki yang terlatih serta peralatan yang modern dan lengkap di bengkel 3S (Sales, Service Spare Part). PT Suzuki Indomobil Sales juga menjamin ketersediaan suku cadang nex Fi baik melalui dealer resmi maupun toko-toko onderdil motor dengan harga terjangkau.

Untuk tahap awal ini PT Suzuki Indomobil Sales hanya memasarkan nex Fi di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Selain karena lebih siap dalam hal distribusi dan layanan purna jualnya, ini juga untuk melihat respon masyarakat terhadap kehadiran nex dengan teknologi Fuel Injection. Secara bertahap nex Fi akan hadir di kota-kota dan daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Untuk membuktikan seberapa iritnya nex SUPER Fi, Suzuki menantang awak media untuk mengikuti touring Bandung-Jakarta dengan nex Fi. Rute yang ditempuh adalah Pasteur – Cianjur – Jonggol – Jakarta. Pelepasan peserta touring akan dilakukan di Hotel Aston Primera Pasteur menuju Park Hotel Jakarta. Berikut hasil touring nya:


Dengan demikian terbukti bahwa New nex Super Fi merupakan sebuah sepeda motor injection dari Suzuki yang SUPER IRIT karena hanya dengan Rp. 8.600 dapat menempuh rute Bandung – Jakarta dengan kondisi perjalanan yang sebenarnya.

Peserta touring disambut meriah dengan kehadiran brand ambassador Suzuki nex - SM*SH di Launching event Suzuki nex Fi di MegaMall Bekasi yang tampil membawakan beberapa lagu hits mereka dan juga jingle Suzuki nex.

Suzuki menyediakan 6 pilihan warna untuk nex Fi ini dengan nuansa fun dan modern yaitu Cheerful Pink, Stylish White, Funky Green, Rockin Red, Sporty Black, dan Indie Blue. Sedangkan untuk harga OTR Jakarta nex Fi adalah Rp 12.650.000,00

Source:

About Author

Advertisement

Post a Comment

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top