Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: PERKEMBANGAN DEWASA MUDA
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
PERKEMBANGAN DEWASA MUDA Sebagian besar golongan dewasa muda telah menyelesaikan pendidikan sampai taraf universitas dan kemudian mereka...
PERKEMBANGAN DEWASA MUDA



Sebagian besar golongan dewasa muda telah menyelesaikan pendidikan sampai taraf universitas dan kemudian mereka segera memasuki jenjang karier dalam pekerjaannya. Selain itu, dewasa muda mulai membentuk kehidupan keluarga dengan pasangan hidupnya, yang lebih di bina sejak masa remaja atau masa sebelumnya. Havighurst (Turner dan Helms, 1995) mengemukakan tugas-tugas perkembangan dewasa muda, diantaranya :
A. Mencari dan menemukan calon pasangan hidup
Setelah melewati masa remaja, golongan dewasa muda semakin memiliki kematangan fisiologis atau seksual sehimgga mereka siap melekukan tugas reproduksi, yaitu mampu melakukan hubungan seksual dengan lawan jenisnya, asalkan memenuhi persyaratan yang sah atau perkawinan resmi. Mereka akan berupaya mencari calon teman hidup yang cocok untuk dijadikan pasangan dalam perkawinan ataupun untuk membentuk kehidupan rumah tangga berikutnya. Mereka akan menentukan kriteria usia, pendidikan, pekerjaan, atau suku bangsa tertentu, sebagai persyaratan pasangan hidupnya. Setiap orang mempunyai kriteria yang berbeda-beda.

B. Membina kehidupan rumah tangga
Papalia, Olds, dan Feldman (1998;2001) menyatakan bahwa golongan dewasa muda berkisar antara 21-40 tahun. Masa ini di anggap sebagai rentang yang cukup panjang, yaitu 20 tahun. Sebagian besar dari mereka yang telah menyelesaikan pendidikan, umumnya telah memasuki dunia pekerjaan guna meraih karier tertinggi. Dari sini, mereka mempersiapkan dan membuktikan diri bahwa mereka sudah mandiri secara ekonomis, artinya sudah tidak bergantung lagi pada orang tua. Sikap yang mandiri ini merupakan langkah positif bagi mereka karena sekaligus dijadikan sebagai persiapan untuk memasuki kehidupan rumah tangga yang baru. Namun, lebih dari itu, mereka juga harus dapat membentuk, membina, dan mengembangkan kehidupan rumah tangga dengan sebaik-baiknya agar dapat mencapai kebahagiaan hidup.

C. Meniti karier dalam rangka memantapkan kehidupan ekonomi rumah tangga
Usai menyelesaikan pendidikan formal setingkat SMU, akademi atau universitas, umumnya dewasa muda memasuki dunia kerja, guna menerapkan ilmu dan keahliannya. Mereka berupaya menekuni karier sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, serta memberi jaminan masa depan keuangan yang baik. Masa dewasa muda adalah masa untuk mencapai puncak prestasi. Dengan mencapai prestasi kerja yang baik, mereka akan mampu memberi kehidupan yang makmur sejahtera bagi keluarganya.

D. Menjadi warga negara yang bertanggung jawab
Warga negara yang baik adalah dambaan bagi setiap orang yang ingin hidup tenang, damai, dan bahagia di tengah-tengah masyarakat. Warga negara yang
baik adalah warga negara yang taat dan patuh pada tata aturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini diwujudkan dengan cara – cara, seperti :
1) Mengurus dan memiliki surat-surat kewarganegaraan
2) Membayar pajak
3) Menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat
4) Mampu menyesuaikan diri dalam pergaulan sosial di masyarakat
Tugas-tugas perkembangan tersebut merupakan tuntutan yang harus dipenuhi seseorang, sesuai dengan norma sosial budaya yang berlaku di masyarakat .

About Author

Advertisement

Post a Comment

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top