Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: Sistem Pengajaran Perseorangan (PSI=Personalized System of lnstruction)
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
Metode PSI dengan belajar mandiri (dikembangkan oleh psikolog Fred Keller dan sering disebut Rencana Keller) adalah pendekatan yang dapat di...
Metode PSI dengan belajar mandiri (dikembangkan oleh psikolog Fred Keller dan sering disebut Rencana Keller) adalah pendekatan yang dapat diterapkan pada suatu pelajaran yang lengkap. Pendekatan ini umumnya berdasarkan pada sebuah buku ajar dengan satuan pelajaran yang terdiri atas bacaan,
pertanyaan, dan soal. Sumber pengajaran tidak hanya dibatasi pada bahan tertulis saja. Media lain, baik berupa media pandang dan/atau dengar, dapat disisipkan.
Setelah mempelajari setiap bagian bahan dan menjawab seperangkat pertanyaan yang berkaitan atau menyelesaikan berbagai kegiatan, siswa melaporkan kepada pengawas atau tutor bahwa ia siap untuk diuji tentang bagian tertentu dari bahan ajar. Setelah ujian selesai dikerjakan, segera dinilai oleh pengawas (siswa lain yang telah menyelesaikan pelajaran dengan berhasil), yang kemudian menunjukkan hasil ujian tersebut kepada siswa. Apabila siswa berhasil dengan memuaskan (umumnya dengan tingkat kemampuan 80-90%), ia dapat melanjutkan ke bab atau satuan pelajaran berikutnya. Apabila tingkat (ditentukan oleh ujian) belajar yang telah dipersyaratkan tidak dicapai, siswa harus mempelajari kembali bahan ajar tersebut, dan apabila sudah siap, menempuh ujian lagi dalam bentuk lain.
Tata cara ini berulang sampai siswa mencapai keberhasilan sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan. Meskipun beberapa mata ajar dipelajari secara perseorangan, tidak semua proses belajar harus berlangsung sendirian seperti itu. Beberapa pengajar mengadakan pertemuan dengan kelas atau kelompok kecil siswa untuk memberikan ceramah dan berdiskusi. Di samping itu, hubungan antara siswa perseorangan dengan pengawas, untuk tujuan evaluasi dan balikan langsung, dapat mendorong kegiatan belajarselanjutnya.

About Author

Advertisement

Post a Comment

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top