Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: Contoh Makalah Pendidikan terbaru
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
DASAR PSIKOLOGIS EVALUASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Memang secara psikologis orang akan selalu butuh untuk mengetahui sudah...
DASAR PSIKOLOGIS EVALUASI DAN HASIL BELAJAR
SISWA SEKOLAH DASAR



Memang secara psikologis orang akan selalu butuh untuk mengetahui sudah sampai sejauh manakah dia berjalan menuju pada tujuan yang ingin di atau yang seharusnya dicapainya. Masalah kebutuhan psikologis akan pengetahuannya mengenai hasil usaha yang telah dilakukannya itu dapat ditinjau dari dua sisi.

A. Dipandang dari Segi Anak Didik
Anak didik adalah manusia yang belum dewasa. Sebagai manusia yang belum dewasa dia belum dapat “mandiri secara pribadi”, dia masih mempunyai moral heteronom, masih membutuhkan pendapat orang-orang yang lebih dewasa (guru atau pendidik) sebagai pedoman bagi sikap dan tingkah lakunya.
Berdasarkan hasil-hasil penelitian dalam psikologi perkembangan menunjukkan bahwa anak-anak, terutama sebelum masa remaja belum dapat mandiri pribadi, mereka membutuhkan pendapat orang yang lebih dewasa dalam menentukan sikap dan tingkah lakunya, dalam mengadakan orientasi pada suatu situasi tertentu.
Disamping hal yang dikemukakan diatas, secara psikologis anak juga membutuhkan untuk mengetahui statusnya di antara teman-temannya, apakah dia tergolong anak yang pintar, yang sedang, dan sebagainya. Begitu juga mereka butuh untuk membandingkan dirinya dengan teman-temannya, dan alat untuk ini yang dipandang paling baik adalah pendapat pendidik (guru) terhadap kemajuan belajar mereka.

B. Dipandang dari Segi Pendidikan (guru)
Orang tua atau wali murid dari siswa adalah orang yang mempunyai tanggung jawab pertama dan untuk mengenai pendidikan anak-anaknya, atau anak-anak yang menjadi tanggungannya, yang karena pertimbangan-pertimbangan teknis menyerahkan sebahagian tugasnya kepada lembaga pendidikan.
Pengetahuan akan hal ini tentu akan memberikan rasa kepastian dan memberi dasar untuk menentukan langkah-langkah yang lebih lanjut.
Disamping yang telah dikemukakan di atas sebagai pendidik profesional yang melaksanakan tugas mendidik, maka guru juga butuh untuk mengetahui hasil-hasil usahanya itu sebagai pedoman dalam menjalankan usaha-usaha lebih lanjut di masa yang akan datang.

itulah sedikit contoh makalah pendidikan , semoga makalah pendidikan tentang DASAR PSIKOLOGIS EVALUASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASARini dapat membantu suadara dalam menyelesaikan makalah pendidikan

Jangan Lupa berikan komentar Anda tentang blog ini, ataupun tentang posting ini.

About Author

Advertisement

Post a Comment

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top