Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: Internet Sehat Bikin Hebat
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
Arti Internet Secara harfiah, internet kependekan dari interconnected-networking ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beber...
Arti Internet
Secara harfiah, internet kependekan dari interconnected-networking ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking(Sumber: Wikipedia.

Kapan internet mulai dibentuk?
Internet mulai dibentuk pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Mereka mendemontrasikan bagaimana dengan hadware dan software komputer kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Tujuan awal dibangunnya internet itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Itulah sedikit tentang internet
Tahun demi tahun internet semakin berkembang, sehingga saat ini internet dapat digunakan di mana saja dengan menggunakan Personal Computer, laptop, notebook, maupun Handphone (HP). Bagi yang tidak memiliki peralatan untuk mengakses internet, kini dapat dengan mudah mengaksesnya melalui warnet, internet cafe, Cyber Cafe yang tersebar di mana-mana. Apalagi setelah PT. TELKOM menyediakan layanan Internet Speedy, kini warnet semakin merebak bak jamur di musim hujan.
Dengan semakin mudahnya kita mengakses internet, maka semakin mudah pula untuk mendapatkan informasi, baik itu informasi dalam negeri ataupun informasi dari luar negeri. Dan kita juga semakin mudah untuk mencari ilmu melalui internet. Apalagi jika kita melihat program yang diberikan oleh Telkom Speedy, ada salah satu program khusus yaitu Pesona Education. Walaupun Program ini berbayar, tetapi cukup lengkap untuk mendukung kelancaran dalam menempuh pendidikan khususnya SD, SMP dan SMU.
Namun dibalik itu semua, adakah sisi buruk dari internet..?




About Author

Advertisement

Post a Comment

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top