Pengertian Iman, Islam dan Ikhsan

Ikhsanudin | 18:43 |
Pengertian Iman, Islam dan Ikhsan ialah :

Iman artinya percaya Percaya dengan membenarkan sesuatu dalam hati, kemudian diucapkan dengan lisan dan dikerjakan dengan amal perbuatan. Inilah defenisi iman yang diucapkan oleh Jumhur Ulama
Iman itu adalah membenarkan dalam hati, dan mengikrarkan dengan ucapan dan mengamalkan dengan anggota perbuatan

Sementara itu menurut Imam Al Ghazali iman berarti pembenaran tasdiq. Dan Tasdiq mempunyai tempat khusus, yaitu dalam hati.
Dalam Al-Qur'an dan Hadits ditegaskan bahwa ummat manusia harus beriman kepada rukun iman yang enam.

Islam artinya ketundukan taslim, kepasrahan, menerima, tidak menolak, tidak membantah, dan tidak membangkang. Maksudnya yaitu penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Agama Islam artinya agama berserah diri. BErserah diri atas berbagai ketentuan, yang digariskan oleh Allah SWT bagi kebaikan hamba-hambanya.

Ikhsan berarti kebaikan. Al-Raghib Al-Ashfani menjelaskan bahwa ikhsan itu lebih tinggi dari keadilan. Keadilan adalah keseimbangan antara memberi dan mengambil dari sedikit. Artinya berbuat kebaikan dari ukuran yang lebih dari yang telah dilakukan orang lain kepada kita. Ikhsan adalah suatu sifat yang menjadikan pemiliknya memperlakukan pihak lain dengan baik, meskipun pihak lain itu memperlakukan dengan buruk. karenaya ikhsan adalah sebuah kebaikan yang lahir dari kesadaran bathin terdalam. Ikhsan adalah perwujudan keinginan berbuat lebih baik atas apa yang orang lakukan. Mohon do'anya, Semoga Ikhsan pemilik ikhsanudin.com ini bisa menjadi ikhsan seperti pada artikel diatas.

Bagikan: Google+ Linkedin Technorati Digg