Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Lingkungan Pendidikan
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
KATA PENGANTAR P uji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan karya i...
KATA PENGANTAR


Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ni yang berjudul “Pengertian, Fungsi, dan Jenis Lingkungan Pendidikan”.
Saya mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah memberikan bantuan baik materil maupun spiritual dalam menyelesaikan karya ilmiah ini sehingga dapat diselesaikan dengan baik.
Saya menyadari bahwa dalam proses penulisan karya ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun, demikian saya telah berupaya dengan segala kemampian dan pengetahuan yang dimiliki sehingga karya ilmiah ini dapat diselesaikan.
Untuk kesempurnaan penulisan di masa yang akan datang, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangatlah diharapkan. Dan saya berharap semoga karya ilmiah ini bermanfaat bagi seluruh pembaca.


Jambi, 05 Juli 2010
Penulis

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN 1
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 1
1.3 Tujuan Penulisan 2
BAB II PEMBAHASAN 3
2.1 Pengertian dan Fungsi Lingkungan Pendidikan 3
2.2 Tripusat Pendidikan 4
2.3 Pengaruh Timbal Balik Antara Tripusat pendidikan Terhadap
Perkembangan Peserta Didik 7
BAB III SIMPULAN 9
DAFTAR PUSTAKA 10

BAB I PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Manusia selama hidupnya selalu akan mendapat pengaruh dari keluarga, sekelompok dan masyarakat luas. Ketiga lingkungan ini sering disebut sebagai tripusat pendidikan, yang akan mempengaruhi manusia secara bervariasi. Seperti diketahui, setiap bayi manusia dilahrikan dalam lingkungan keluarga tertentu yang merupakan lingkungan pendidikan terpenting sampai anak mulai masuk taman kanak-kanak ataupun sekolah. Oleh karena itu, keluarga sering dipandang sebagai lingkungan pendidikan pertama dan utama. Makin bertambah usia manuisa, peranan sekolah dan masyarakat luas makin penting, namun peran keluarga tidak terputus. Di dalam UU RI No. 2 Tahun 1989 tentang Sisdiknas, peranan ketiga tripusat pendidikan itu menjiwai berbagai ketentuan di dalamnya. Pasal 1 ayat 3 menetapkan bahwa Sisdiknas adalah satu keseluruhan yang terpadu dari semua satuan dna kegiatan pendidikan yang berkaitan satu dengan lainnya untuk mengusahakan tentang dua jalur pendidikan, yakni jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah (meliputi keluarga, kelompok belajar, kursus dan sebagainya) sedangkan penjelasan UU No. 2 Tahun 1989 itu menetapkan tentang tanggungjawab bersama antara keluarga masyarakat, dan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan (Undang-Undang, 1992:25). Oleh karena itu, kajian tentang peranan dan fungsi setiap pusat pendidikan tersebut sangat penting, karena akan memberikan wawasan yang tepat serta pemahaman yang luas dan menyeluruh tentang lingkup kegiatan dan upaya pendidikan itu.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan apa yang telah dijelaskan dalam latar belakang, maka masalah yang timbul adalah:
1. Apa pengertian dan fungsi lingkungan pendidikan bagi peserta didik?
2. Apa pengertian tripusat pendidikan dan lingkungan apa saja yang terdapat didalamnya?
3. Bagaimana pengaruh timbal balik antara tripusat pendidikan terhadap perkembangan peserta didik?

1.3 Tujuan Penulisan
Sesuai dengan rumusan masalah yang telah diungkapkan, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah:
1. Untuk mengetahui pengertian dan fungsi lingkungan pendidikan bagi peserta didik.
2. Untuk mengetahui pengertian tripusat pendidikan dan lingkungan yang ada didalamnya.
3. Untuk mengetahui bagaimana hubungan timbal balik antara tripusat pendidikan terhadap perkembangan peserta didik.

About Author

Advertisement

Post a Comment

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top