Manfaat Layanan Pembelajaran Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa

Ikhsanudin | 17:35 |
BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Mutu pendidikan, khususnya di Sekolah Dasar akan memodi fokus perhatian bagi masyarakat karena Sekolah Dasar merupakan satuan pendidikan formal yang mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan sikap dan kemampuan serta memberikan pengetahuan dan keterapilan dasar pada siswa yang diberikan sebagai bekal dan kehidupan masyarakat dan mempersiapkan siswa agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Untuk terwujudnya peningkatan mutu pendidikan salah satu upaya yang dilakukan melalui proses belajar mengajar didalam kelas. Didalam proses belajar mengajar yang penting adalah bagaimana menciptakan kondisi dan proses yang mengarahkan siswa dapat menerapkkan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya selama ini. Proses belajar mengajar berlangsung mengakibatkan siswa ada yang cepat dan ada pula yang lambat dalam memperoleh hasil belajar.
Siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar sangat memerlukan bantuan berupa layanan pembelajaran agar siswa dapat memahami dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dan mempunyai keterampilan dalam mengatasi kesulitan belajarnya, sehingga dapat memenuhi tuntutan kehidupan perkembangan diri.

B. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dalam kesulitan dalam belajar?
2. Apakah yang dimaksud dengan bimbingan saat belaar?
3. Apakah yang dimaksud dengan pengaruh televisi terhadap pelajaranmu?
4. Apakah yang dimaksud dengan belajar dirumah?


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


A. Pengertian Layanan Pembelajaran
Menurut Prayitno menyatakan bahwa layanan pembelajaran yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan persyaratan peserta didik mengembanngkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang cocok dengan kecepatan kesulitan sesuai dengan ilmu dan teknologi (1996:30)
Lebih lanjut Prayitno dan Amti juga menyimpulkan bahwa layanan pembelajaran merupakan salah satu bentuk pengalaman menunjuk bahwa kegagalan yang dialami oleh siswa dalam belajar tidak selalu disebabkan oleh kebodohan maupun rendahnya intelegensi (1994:286)

B. Pengertian Kesulitan Belajar
Menurut Ahmadi dan Suprayitno kesulitan belajar adalah suatu keadaan dimana anak didik/siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. aktivitas belajar bagi setiap individu, tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar. kadang lancar, kadang-kadang tidak, kadang cepat menangkap apa yang dipelajari, kadang terasa amat sulit.
Dalam hal ini terkadang semangat tinggi, tetapi terkadang jga sulit untuk mengadakan konsentrasi. Demikian antara lain kenyataan yang sering kita jumpai pada setiap anak didik dalam kehidupann sehari-hari dalam kaitanya dengan aktivitas belajar (1990:74).

C. Pengertian Manfaat Layanan Pembelajaran
Pengertian Manfaat Layanan Pembejaran adalah untuk memungkinkan siswa memahami dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik.
Ditinjau dari tujuan bimbingan adalah bimbingan dalam rangka menemukan pribadi, maksudnya agar peserta didik mengenal kekuatan dan kelemahan dirinya sendiri, serta menerima secara positif dinamis sebagai modal (1993:72)

D. Pengertian Siswa
Siswa adalah menurut kamus besar bahasa Indonesia, murid dalam kegiatan belajar mengajar (2005)
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa manfaat layanan pembelajaran, kesulitan siswa adalah sangatlah tergantung pada bimbingan guru kelas.

DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi dan Widdo Supriyono. 2004 1990. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharisni. 1992. Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. 2003. Metodologi Penelitian.
Jakarta : Bumi dan Abu Achmadi, 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara
Depdikbud. 1991/1992. Pedoman Bimbingan dan Penyluhan Murid Sekolah Dasar. Jakarta Proyek Peningkatan Mutu Pendidikan SD.
Prayitno dan Erman Amti. 1999. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta. Depdikbud.
Prayitno, dkk. 1997. Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar Buku I. Padang. Depdikbud.
Tabrani dan Daryani, 1993. Penuntun Belajar Yang Sukses. Jakarta : PT. Bina Karya.
Udin 1993. Proses Belajar Mengajar Yang Efektif. Jakarta : PT. Bina Karya
Winkel, WS. 1996 Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia Wedia Sarana

Posted by: ikhsanudin ikhsanudin Updated at : 17:35

No comments:

Post a Comment

Salah satu kepuasan kami adalah jika anda berkunjung ke ikhsanudin.com dengan meninggalkan komentar walaupun cuma satu kata. Tapi jangan:
1. Berpromosi
2. Komentar spam
3. Opo meneh yo...?