Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: Makalah Media Pembelajaran MIPA
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhad...
BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, baik dalam ekonaomi, sosial budaya, maupun pendidikan. Oleh karena itu pendidikan tidak tertinggal dari perkembangan IPTEK tersebut perlu adanya penyesuaian-penyasuaian, terutama yang sekali yang berkaitan dengan faktor-faktor pengajaran di sekolah.

Salah satu faktor-faktor tersebut adalah media pembelajaran yang perlu di pelajari dan dikuasai guru / calon guru, sehingga dapat menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa secara baik berdaya guna dan berhasil guna.

B. Jujur
Media pembelajaran ini mempunyai tujuan dan memiliki kekuatan-kekuatan yang positif dan sinergi yang mampu merubah tingkah laku dan stap mereka kearah perubahan yang kreatif dan dinamis.

BAB II
PEMBAHASAN


A. Media Pembelajaran
a. Pengertian Media
Secara harfia kata media memiliki arti ”perantara” atau “pengantar” Association For Edukation and Cation Technology (AECT) mendefinisikan media yaitu segak bentuk yang di pergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Sedangkan Edukation Association (NEA) mendefinisikan sebagai benda yang dapat di menipulasikan, di lihat, di dengar, di baca, atau di bicarakan beserta instrumen yang di pergunakan denga baik dalam kegiatan belajar mengajar, dapat mempengaruhi Efektifitas program instruksional.
Dari definisi-definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian media merupakan sesuatu yang besifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan siawa sehingga dapat mendoroang terjadinya proses belajar pada dirinya. Untuk belajr lebih baik dan dapat meningkatkan pemahaman mereka sesuai dengan tujuan yang ingin di capai.

b. Kriteria Pemilihan Media
Media merupakan salah satu saran untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar. Karena beraneka ragamnya media tersebut, maka masing-masing media mempunyai karakteris yang berbeda-beda. Untuk itu perlu memilihnya dengan cermat dan tepat agar dapat digunakan secara tepat guna.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain:
 Tujuan pembelajaran yang ingin di capai
 Ketepat gunaan
 Kondisi siswa / mahasiswa
 Mutu teknis dan biaya
 Kesediaan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)


Oleh sebab itu ada beberapa pertimbangan yang perlu di perhahatikan, antara lain:
1. Media yang di pilih hendaknya selaras dan menunjang tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan
2. Aspek materi menjadi pertimbangan yang di anggap penting dalam memilih media
3. Kondisi audion (siswa) dari segi subyek belajar menjadi perhatian yang serius bagi guru dalam memilih media yang sesuai dengan kondisi anak (siswa)
4. Media yang di pilih seharusnya dapat menjelaskan apa yang akan di sampaikan kepada audion (siswa) secara tepat,dengan kata lain tujuan yang di tetapkan dapat dicapai secara optimal
5. Biaya yang aka di keluarkan dalam pemanfaatan media harus seimbang dengan hasil yang akan di capai

c. Guru Dan Media Pembelajaran
Sistem pendidikan yang baru menurut faktor dan kondisi yang baru pula baik yang berkenaan dengan sarana fisik maupun non fisik. Untuk itu diperlukan tenaga pengajar yang memiliki kemampuan dan kecakapan yang lebih memadai, di perlukan kinerja dan sikap yang baru, peralatan yang lebih lengkap dan administrasi yang lebih teratur.
Permasalahan pokok dan cukup mendasar adalah sejauh manakah kesiapan guru-guru dalam menguasai penggunaan media pendidikan dan pegajaran di sekolah untuk pembelajaran siswa secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan dan pengajaran.
Sedikitnya ada lima pantangan yang dihadapi oleh guru dewasa ini, antara lain:
1. Apakah guru tersebut telah memiliki pengetahuan / pemahaman dan pengertian yang cukup tentang media pendidikan?
2. Apakah guna telah memiliki keterampilan tentang cara penggunaan media dalam proses belajar menajar?
3. Apakah guru mampu membuat sendiri alat-alat media pendidikan.
4. Apakah guru mampu melakukan penilaia terhadap media yang akan dan telah di gunakan?
5. Apakah ia telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang administrasi media pendidikan?
Agar seorang guru dalam menggunakan media pendidikan yang efektif, setiap guru harus memiliki pengetahuandan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan / pengajaran.

d. Fungsi Media Pembelajaran
Pada awalnya media hanya berfungsi sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar yakni berupa sarana yang dapat memberikan pengalaman kepada siswa dalam rangka mendoraong motivasi belajar, memperjelas dan memudahkan konsep yang kompleks dan abstrak menjadi lebih sederhana, konkrit da mudah dipahami. Dengan demikian media dapat berfungsi untuk mempertinggi daya serap anak terhadap materi pembelajaran.
Ada beberapa macam klasifikasi media pengajaran yang di gunakan, yaitu:
1. Pengalaman langsung
2. Pengalaman tiruan
3. Pengalaman melalui dramatisasi
4. Demontrasi
5. Pengalaman melalui karyawisata
6. Pengalaman melalui pameran
7. Pengalaman melalui televisi
8. Pengalaman melalui gambar hidup atau film
9. Pengalaman melalui rasio
10. Pengalaman melalui gambar
B. Media Grafis
1. Grafik (graph)
Grafik merupakan gambar sederhana yang di susun menurut prinsip Matematika dengan menggunakan data dan berupa angka-angka.
Beberapa keuntungan dalam menggunakan grafik adalah:
a. Manfaat untuk menerangkan data kuantitatif dan hubungan-hubungannya.
b. Kemungkinan pembaca untuk memehami data yang di sajikan dengan cepat dan menyeluruh.
c. Penyajian angka lebih cepat jelas menarik, ringkas dan logis.

Ada beberapa jenis grafik yang telah lazim dan umum di ketahui, yakni:
 Grafik garis atau kurva
Yaitu grafik yang menggunakan garis-garis yang terdiri dari garis-garis obsis ordianat, atau garis horizontal dsan vertikal.
Grafik ini dapat menunjukkan suatu keadaan atau perkembangan dalam jangka waktu tertentu dengan jelas sekali.
 Grafik batang
Grafik batang juga menggunakan garis-garis yang mengkomunikasikan garis horizontal dan garis vertikal dan dibuat garis bantu berupa petak-petak.
Pada grafik ini dapat dilihat dengan jelas perbandingan keadaan dari waktu ke waktu.
 Grafik lingkaran
Grafik lingkaran ini dapat menunjukkan hubungan yang bersifat persentasi atau hubungan frekuensi grafik ini berupa gambar sebuah lingkaran yang dibagi –bagi menjadi beberapa sektor.
 Grafik Simbol
Grafik simbol/Gambar grafik yang menggunakan gambar sebagai simbol untuk menghitung jumlah yang digrafiskan.
Grafis ini sangat menarik untuk kita lihat lebih menarik jika simbol yang digunakan cukup bagus dan memiliki karakteristik tertentu.

2. Poster
Poster merupakan gabungan antara gambar dan tulisan dalam satu bidang yang memberikan informasi tentang satu atau dua ide pokok, poster hendaknya di buat dengan gambar dekoratif dan dengan huruf yang jelas.
Ciri-ciri poster yang baik adalah:
a. sederhana
b. Menyajikan satu ide
c. Dengan slogan yang ringkas
d. Gambar dan tulisan yang jelas dan mempunyai komposisi dan variasi yang bagus.

3. Media Gambar/Foto
Foto/Fhoto merupakan media reproduksi bentuk asli dalam dua dimensi. Informasi yang di sampaikan dapat di mengerti dengan mudah karena hasil yang diragukan lebih mendekati kenyataan melalui foto yang diperlihatkan kepada anak-anak dan hasil yang diterima oleh anak-anak akan sama.
Beberapa alasan penggunaan foto sebagai media pengajaran sebagai berikut:
a. bersifat konkrit
b. dapat mengatasi kekurangan daya mampu panca indra manusia
c. dapat di gunakan untuk menjelaskan suatu masalah
d. mudah digunakan baik untuk perorangan maupun untuk kelompok.


Beberapa jenis media gambar/foto antara lain:
fiti dokumentasi
foto aktual
foto pemandangan
foto iklan/reklame
foto simbolis

4. Media komik
Komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana jelas, dan mudah dipahami. Oleh sebab itu mediak komik dapat berfungsi sebagai media yang informatif.
Berdasarkan hasil survey di Pilipina yang dikemukakan oleh Andre Rinanto (1982:44) menunjukkan 16%membaca komik, 17-19 tahun sekitar 29.9%. 24,6%, dan di atas 45 tahun sekitar 14,6% digambar tersebut maka yang berpendidikan tingkat sekolah dasar sekitar 19,1%. Sekolah lanjutan sekitar 45,7% dan perguruan tinggi sekitar 37,2%

KESIMPULAN

- Masalah pendidikan merupakan masalah yang cukup kompleks dimana banyak faktor yang ikut mempengaruhiinya. Salah satu faktornya diantaranya adalah guru.
- Guru merupakan komponen paling penting dan utama, karena keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh faktor guru.
- Media merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar.
- Media Grafis termasuk media yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerimaan pesan, dimana pesan dituangkan melalui lambang atau simbol komunikasi visual.
- Beberapa jenis grafik yang lazim dan umum di ketahui yakni:
1. Grafik garis atau kurva
2. Grafik batang
3. Grafik lingkaran
4. Grafik simbol
- Poster merupakan gabungan antar gambar dan tulisan dalam satu bidang yang diberikan informasi tentang satu atau dua ide pokok.


DAFTAR PUSTAKA

1. Media pembelajaran Drs. M. Basyiruddin Usman,M.Pd. Penerbit Ciputat Pers. Jakarta. 2002.

About Author

Advertisement

Post a Comment

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top