Tahap-tahap Perkembangan Fisik, Psikis, Bahasa Anak

1. Perkembangan Fisik Anak
a. Periode Prenatal Dan Tahun Pertama
Perkembangannya dimulai pada saat konsepsi atau pembuahan, yaitu pada pembuahan telur oleh spermatosoma. Bila spermatosoma laki-laki memasuki dinding telur (ovum) wanita terjadilah konsepsi.
Urutan perkembangannya dalam periode prenatal telah pasti dan tidak dapat diubah, kepala, mata, tubuh, tangan, kaki, alat-alat kelamin dan alat-alat berkembang dengan urutan yang tertentu dan juga kurang lebih pada usia prenatal yang sama pada semua fetus.



Triwulan I : Pertumbuhan organ-organ
Triwulan II : Pertumbuhan cepat mengenai panjangnya
Triwulan III : Pertumbuhan berat badan yang cepat dan pelengkap untuk dunia luar


Selama tahun pertama panjang badan bertambah 1/3 bagian dan
berat badan
menjadi tiga kali berat semula.
Proporsi badan
berubah dnegan cepat terutama pada bagian kedua pada tahun pertama, kaki tumbuh dengan sangat cepat mulai 8 minggu, lebih cepat dibanding pertumbuhan kepala. Kepala tumbuh relatif lebih lambat dibanding dengan pertumbuhan badan sebagai keseluruhan. Meskipun begitu, besar tengkorak serta bentuk tengkorak berubah dengan jelas.
Pada waktu dilahirkan hanya sedikit anak yang sudah tumbuh giginya, juga ada anak yang baru pada usia 1 tahun tumbuh giginya, pada umumnya gigi pertama tumbuh ± 7 bulan dan pada usia 12 bulan sudah tumbuh 6 buah gigi.
Pengerasan tulang-tulang mulai dalam periode prenatal dan berlangsung terus sampai masa remaja.
Urat daging pada bayi yang baru dilahirkan belum berkembang. Urat daging tumbuh dalam panjang, lebar dan besarnya. Urat daging kepala dan tengkuk berkembang lebih cepat dari pada urat daging pada anggota-anggota badan.

b. Usia Satu Sampai Dengan Empat Tahun
Anggota-anggota badan tumbuh dengan kecepatan berbeda-beda. Perlu dilihat pula bahwa tiap anak mempunyai tempo perkembangan sendiri, meskipun ada norma-norma yang dapat dipakai sebagai ukuran perkembangan normal. Umur kerangka (skelet) dapat dilihat dari pergeseran tulang pada tangan anak. Seorang anak dapat mempunyai umur kerangka empat tahun sedangkan umur kronologisnya adalah enam tahun.
Proporsi badan dan jaringan urat daging dapat dikatakan tetap sampai kurang lebih tahun kelima, sekitar tahun kelima mulailah apa yang disebut “Gestaltwandel” pertama hal ini berarti bahwa anak yang sampai sekarang mempunyai kepala yang relatif besar dan anggota badan yang pendek akan mulai mempunyai proporsi badan yang seimbang anggota-anggota badannya menjadi lebih panjang, perutnya mengecil dan kepalanya dibanding dengan bagian-bagian badan yang lain mendapat proporsi yang normal. Semula jaringan-jaringan tulang dan urat daging lebih berkembang, menjadi lebih berat, jaringan lemak bertambah lebih lambat. Selama tahun kelima nampak perkembangan jaringan urat daging secara cepat (Gestaltwandel kedua mulai sekitar umur 10 tahun, yaitu pada waktu mulainya pubertas atau pada waktu mulainya perkembangan seksualitas) (lihat Zeller, 1936).

c. Anak Pra-Sekolah dan Anak Sekolah
Sampai dengan Getaltwandel pertama (Zeller, 1952 Hetzer 1961) sekitar 6 tahun terlihat bahwa badan anak bagian atas lebih lamban berkembangnya dari pada badan bagian bawah, anggota-anggota badan masih relatif pendek, kepala relatif besar, perutnya masih besar dan ada gigi susu.
Bila anak sudah mencapai bentuk anak sekolah maka ia akan lebih menyerupai bentuk orang dewasa dari pada misalnya anak umur 2 tahun, bertambah berat badan sebagian urat daging dalam keseluruhan maka keadaan jasmani anak menjadi lebih stabil dan lebih kuat.
Sesudah 6 tahun pertumbuhan badan menjadi agak lambat, dari pada waktu-waktu sebelumnya sampai umur 12 tahun anak bertambah panjang 5 sampai 6 cm tiap tahunnya. Sampai umur 10 tahun sampai dilihat bahwa anak laki-laki agak lebioh besar sedikit daripada wanita.
Berat badan anak bertambah lebih banyak daripada panjang sekitar 6 tahun, kaki dan tangan menjadi lebih panjang, dada dan panggul lebih besar dalam hal ini hampir tidak ada perbedaan-perbedaan karena jenis seks.

d. Masa Remaja I
Batasan usia masa remaja adalah masa diantara 12-21 tahun dengan perincian 12-15 tahun masa remaja awal, 15-18 tahun masa remaja pertengahan dan 18-21 tahun masa remaja akhir masa pubertas meliputi masa remaja awal dan berisi perubahan fisik seperti percepatan pertumbuhan dan timbulnya seksualitas.
Kecepatan pertumbuhan diantara organ-organ tidaklah sama, susunan syaraf tumbuh selama empat tahun pertama tetapi hampir tidak bertambah lagi sesudah tahun ketujuh.
Disamping pertumbuhan panjang badan terjadi pertumbuhan berat badan yang kurang lebih berjalan paralel dengan tambahannya panjang badan, karena pertambahan berat badan yang terbanyak pada pertumbuhan bagian kerangka yang relatif merupakan bagian badan yang terberat. Disini ada perbedaan yang jelas diantara kedua jenis sekse: Pada anak laki-laki pertambahan berat badan terutama disebabkan oleh makin bertambahnya jaringan pengikat dibawah kulit (lemak) terutama pada paha, pantat, lengan atas dan dada. Pertambahan jaringan lemak pada bagian-bagain tersebut membuat bentuk badan anak wanita mendapatkan bentuk yang khas wanita dan laki-laki mendapat bentuk khas laki-laki.
Pada anak laki-laki perubahan suara ke arah kedewasaan, pada wanita hal tadi adalah rahim dan saluran telur, vagina, bibir kemaluan, dan klitoris, pada wanita permulaan haid dipakai tanda permulaan pubertas, pada laki-laki penis, tes-tes dan skrotum, yang lebar pada wanita, pertumbuhan rambut pada wanita terbatas kepala ketiak dan alat kemaluan sedangkan laki-laki kumis, janggut, rambut pada kaki, lengan dada.


e. Masa Remaja II
Di indonesia batas kedewasaan adalah 21 tahun, pada perkembangan fisiknya sudah matang baik dalam perubahan tubuh maupun mentalnya, seksualitas, dll.

2. Tahap-Tahap Perkembangan Psikis Anak......................>>>>>

Makalah Lengkapsilahkan download
ATahap-tahap Perkembangan Fisik, Psikis, Bahasa Anak

Tahap-tahap Perkembangan Fisik, Psikis, Bahasa Anak

Bagikan: Google+ Linkedin Technorati Digg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke ikhsanudin.com. Tinggalkan komentar tentang jika anda telah berkunjung