Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: SEJARAH PERADABAN ISLAM PEMERINTAHAN KHALIFAH RSYIDIN I
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
1. Abu Bakar Bukan Khalifah Allah Abu Bakar bukan khalifah Allah tetapi khalifah Rasulullah SAW. Maksudnya adalah tidak lain bahwa Abu Baka...
1. Abu Bakar Bukan Khalifah Allah
Abu Bakar bukan khalifah Allah tetapi khalifah Rasulullah SAW. Maksudnya adalah tidak lain bahwa Abu Bakar hanyalah pengganti Rasulullah SAW dalam memimpin muslimin serta mengarahkan kehidupan mereka agar tidak keluar dari batas-batas hukum Allah SWT, melaksanakan perintahnya dan meninggalkan larangan-Nya.


2. Negara Arab Menuju Kesatuan Politik
Abu Bakar mampu mengatasi segala permasalahan dengan kehalusan dan kelembutannya dalam mempersatukan negara Arab pada masa Rasulullah SAW.
Kebijakan Abu Bakar membawa bangsa Arab kearah ibu kota pemerintahan dan menyadarkan mereka agar berkiblat kesana.

3. Pemerintahan Abu Bakar Berdasar Syura
Abu Bakar tidaklah menggunakan kekuasaan Allah bagi dirinya tetapi ia berkuasa atas dukungan orang-orang yang membai’atnya dan berdasarkan kitab Allah SWT sebagai petunjuk mereka.
Pemerintahan Abu Bakar bersifat demokratis terpilihnya Ash-Shiddiq adalah berdasarkan pemilihan umum.

4. Dasar-Dasar Imperium Islam
Islam adalah peletak dasar pemersatu sebagaimana ia merupakan basis sosial. Adapun dasar-dasar imperium Islam adalah berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist dalam segala bidang termasuk dalam masalah persatuan politik dan masalah aqidah.

5. Corak Pemerintahan Abu Bakar
Ciri khas
pemerintahan Abu Bakar adalah
pada masa perjuangan dan peperangan pemerintahan lebih dekat dengan militer daripada dengan sipil. Gambaran pemerintahannya menunjukkan kesederhanaannya dan ia selalu melakukan sesuatu yang dilakukan oleh Rasululah SAW tidak pernah meninggalkannya.

About Author

Advertisement

Post a Comment

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top