Makalah Permainan Bola Basket

Ikhsanudin | 19:29 |

TEKNIK-TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA BASKET


SEJARAH OLAHRAGA BOLA BASKET



Permainan bola basket diciptakan oleh Dr. James Naismith pada tahun 1891. Dr. Naismith, seorang pastur asal Kanada yang mengajar di sebuah fakultas untuk para mahasiswa propesionalis di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Spriengfield, Massachussets, harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada cuaca di bulan musim dingin di New England.
Permaina basket sudah sangat berkembang dan digemari sejak pertama kali diperkenalkan oleh James Naismit.


Salah satu perkembangannya adalah ciptaannya gerakan slam dunk, yaitu gerakan untuk memasukkan dan melepaskan bola basket langsung ke dalam keranjang yang bila dilakukan dengan gerakan akrobatik berkekuatan luar biasa.
James Naismith adalah penemu olahraga bola basket dan orang pertama yang memperkenalkan pemakaian helm dalam olahraga Amerikan football.
Saat bekerja sebagai guru pendidikan jasmani (phsycal education) di YMCA. Internasional Training School di Springfield, Massachussett. Pada tahun 1891, ia diajak untuk mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin.
Terinspirasikan sebuah permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.
Pada awalnya tiap tim berjumlah 9 orang dan tidak ada dribble sehingga bola hanya dapat dipindahkan tangan melalui pass (lemparan).
Pertandingan resmi bola basket yang pertama diselenggarakan tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr. James Naismith.
“Basket Ball (sebutan bagi olahraga ini dalam bahasa Inggris) adalah sebutan yang digagas oleh salah seorang muridnya. Olahraga inipun menjadi segera terkenal di seantero Amerika Serikat. Penggemar fanatiknya ditempatkan di sejumlah cabang YMCA di Amerika Serikat.
Pertandingan demi pertandingan pun segera dilaksanakan di kota-kota di sejumlah negara bagian Amerika Serikat.
Pada Agustus 1936, saat menghadiri Olimpiade Berlin 1936, Dr. Naismith dinobatkan sebagai Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional. Terlahir sebagai warga negara Kanada, ia menjadi warga negara Amerika Serikat pada tanggal 4 Mei 1925. Naismith meninggal dunia 28 November 1939.
Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) merupakan organisasi pengatur olahraga bola basket di Indonesia. Sejarah PERBASI dimulai pada tahun 1951, dimana Tony Wen dan Wim Latumenten diminta oleh Maladi yang saat itu menjabat Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk menyusun organisasi olahraga bola basket Indonesia. Atas prakarsa kedua tokoh ini, dibentuk organisasi bola basket Indonesia dengan nama: Persatuan Basket Ball Seluruh Indonesia, disingkat PERBASI. Pada tanggal 23 Oktober 1951. Tony Wen menduduki jabatan Ketua sedangkan Wim Latumenten sebagai Sekretaris.
Tahun 1955 nama organisasi di ubah dan disesuaikan dengan perbendaharaan bahasa Indonesia menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia dan di singkat (PERBASI).
Perbasi menganut sistem vertikal berjenjang, yang dimulai dari tingkat perkumpulan, pengurus cabang (pengcab) Perbasi, pengurus daerah (pengda) Perbasi, sampai pengurus besar (PB) Perbasi.
Lebih lengkap silahkan download Permainan Bola Basket

Makalah Permainan Bola Basket
thumbnail Title: Makalah Permainan Bola Basket
Posted by:Ikhsanudin
Published :2009-09-29T19:29:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews

No comments:

Post a Comment

HAYO MANA KOMENTARNYA?
Salah satu kepuasan kami adalah jika anda berkunjung ke ikhsanudin.com dengan meninggalkan komentar walaupun cuma satu kata.