Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: Keris Siginjai
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
Orang kayo gemuk merupakan anak dari datuk tumenggung rajo api dari padang, karena persaingan untuk mendapatkan putri selaro pinang masak ya...
Orang kayo gemuk merupakan anak dari datuk tumenggung rajo api dari padang, karena persaingan untuk mendapatkan putri selaro pinang masak yang memenangkan persainganan itu rang kayo itam maka rang kayo gemuk berkeinginan untuk membunuh raja tanah pilih yaitu rang kayo itam, dan cara untuk membunuh rang kayo itam hanya dengan keris siginjai.

Maka rang kayo gemuk membuat keris siginjai dari besi pa sembilan pa besi 7 buah kapal. Perihal ini telah diketahui oleh hagajah yang merupakan penasehat dari rang kayo itam, maka hagajah menasehati padukanya dengan mengatakan “ tuah patih hendaklah berubah menjadi orang buruk untuk mengulang membuat keris tersebut” maka pergilah rang kayo itam menjadi orang buruk dan bekerja dengan rang kayo gemuk. Setelah lama bekerja akhirnya sampai pada tahap penyepuhan. Ramg kayo gemuk mengatakan pada orang buruk bahwa besok akan menyepuh keris tersebut menggunakan matahari maka orang buruk harus datang pagi-pagi.
Setelah keris siginjai di sepuh halus maka orang buruk berkata kepada rang kayo gemuk “tuan izin kan hamba melihat keris yang sakti itu “ maka di serahkan lah keris tersebut oleh rang kayo itam kepada orang buruk tampa piker panjang maka ditujahkannya keris tersebut kebadan rang kayo gemuk maka tewas lah rang kayo gemuk dengan senjatanya sendiri “ senjata makan tuan “. Selamat lah rang kayo itam dari niat busuk rang kayo gemuk.

About Author

Advertisement

Post a Comment

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top