Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: KEHIDUPAN REMAJA PECANDU NARKOBA DILIHAT DARI SEGI PERGAULAN DAN AGAMA
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
KEHIDUPAN REMAJA PECANDU NARKOBA DILIHAT DARI SEGI PERGAULAN DAN AGAMA BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Di dalam negara yang berke...
KEHIDUPAN REMAJA PECANDU NARKOBA DILIHAT DARI SEGI PERGAULAN DAN AGAMA
BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Di dalam negara yang berkembang terdapat medernisasi sebagai proses kemajuan hidup manusiadengan ditandai perubahan-perubahan yang terjadi disegala aspek kehidupan. Dimana Indonesia terdiri dari berbagai suku, ras, agam, dan budaya. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologidan pengaruh budaya luar yang datang ke Indonesia
mengakibatkan munculnya budaya baru di Indonesia, dimana budaya yang mampu membuat para remaja terbang ke dunia impian dengan menggunakan sebuah alat yang ajaib yaitu Narkotika seperti shabu-shabu, ekstasi, ganja, pil koplo, heroin dan sebagainya. Budaya yang dapat mengakibatkan remaja Indonesia khususnya para remaja dunia umumnya terjerumus kepergaulan yang rusak.
Perubahan budaya yang terjadi mengakibatkan norma-norma yang berlaku dimasyarakat Indonesia cenderung dilupakan. Dan nilai agama cenderung disisihkan. Para remaja yang terjebak kepergaulan yang rusak tersebut umumnya disebabkan oleh keluarga yang hancur dan kurang mendapatkan perhatitan dan kasih sayang dari orang tuanya. Tetapi sekarang ini banyak para remaja yang terjerumus berasal dari keluarga yang harmonis.
Para remaja tersebut hanya ingin mengikuti sebuah metode yang lagi berkembang dan ingin disebut sebagai anak gaul. Sebab lainnya yaitu tipisnya iman para remaja dan kurangnya pengetahuan remaja tentang agama yan disebabkan kendala orang tua yang tak mengenalkan agama secara mendalam kepadapara remaja tersebut.
Berdasrkan hal itulah penulis membuat karya tulis inidengan judul “KEHIDUPAN REMAJA PECANDU NARKOBA DILIHAT DARI SEGI PERGAULAN DAN AGAMA”.

1.2 Rumusan Masalah
Dilihat dari latar belakang di atas, maka penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apa pengertian dari narkoba dan napza?
2. Bagaimana hubungan antara narkoba dengan remaja ?
3. Bagaimana ciri-ciri remaja pecandu narkoba?
4. Apa bahaya dari penggunaan narkoba bagi remaja?
5. Bagaiman kehidupan remaja pecandu narkoba dalam pergaulan dan agama?
6. Apa tindakan-tindakan yang dilakukan untuk menghindari narkotika dan obat-obat psikotropika?

1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan yang penulis maksud adalah untuk mengetahui bagaimana kehidupan remaja dalam pergaulan dan agama serta bagaimana cara menghindari bahaya narkoba.

1.4 Metode Penulisan
Metode penulisan yang penulis gunakan dalam menyelesaikan karya tulis ini adalah metode deskripsi dimana penulis memberi gambaran terhadap pembaca mengenai kehidupan remaja pecandu narkoba dalam pergaulan dan agama.
Sedangkan penulis menggunakan teknik penulisan yaitu study keperpustakaan. Penulis hanya mengumpulkan beberapa sumber yang penulis anggap dapat mendukung pembahasan masalah ini. Penulis menyesuaikan pendapat penulis dengan sumber-sumber yang penulis yakini kebenarannya.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan tentang kehidupan remaja pecandu narkoba dilihat dari segi pergaulan dan agama, dapt diambil beberpa kesimpulan yaitu ;
1) Penyebab utama para remaja mengkonsumsi narkoba adalah masalah keluarga.
2) Pergaulan remaja merupakan sarana yang tepat untuk perkembangan penggunaan narkoba karena remaja tidak merasa “gaul” jika tidak mengkonsumsi narkoba sedangkan temannya mengkonsumsi narkoba tersebut.
3) Narkoba dapat dihindarkan dari kehidupan remaja jika remaja itu mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua, tidak bergaul dengan teman yang urakan dan mendapatkan pendidikan agama.

3.2 Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan kepada pembaca terutama kepadaremaja agar menjauhi narkoba karena narkoba hanya menghancurkan remaja itu sendiri, keluarga, bangsa, dan negara. Bagi orang tua agar tidak hanya memberi kebutuhan material saja tetapi perhaitan dan kasih sayang. Bagi Pemerintah agar membangun rumah sakit rehabilitasi pecandu narkoba secara merata di seluruh Indonesia. Dan bagi aparat Hukum agar menindak tegas para pengedar narkoba yang telah merusak generasi penerus bangsa.


DAFTAR PUSTAKA

Anonim, Khutbah Jum’at. 1997. Bahaya Putaw Menghancurkan Sumber Daya Manusia. Jakarta.
Ikatan Masjid indonesia.
Sugiono, dkk. 1998. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 1 SLTP. Jakarta. Yudhistira.



About Author

Advertisement

Post a Comment

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top