Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN THARIQAT DI INDONESIA
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
BAB II PEMBAHASAN A. Thariqat di Dunia Islam Diantara berbagai macam thariqat yang ada di dunia islam, thariqat khalwatiyah merupakan s...
BAB II
PEMBAHASAN

A. Thariqat di Dunia Islam
Diantara berbagai macam thariqat yang ada di dunia islam, thariqat khalwatiyah merupakan salah satu thariqat yang berkembang di Indonesia.
a) Syaikh yusuf al-makassari
Untuk mengetahui segala sesuatu tentang tarekat khalwatiyah, perlu diketahui sejarah singkat syaikh yusuf al-makassari, karena beliaulah yang pertama kali membawa dan menyebarkan tarekat ini ke indonesia pada tahun 1670 M. Al-batakah ayyub bin ahmad bin ayyub al-khalwati al-quraisyi. .


Disulawesi selatan beliau digelari tuanta salanmaka ni gowa (guru kam yang agung dari gowo), nama lengkapnya Muhammad yusuf bin abdullah abu mahasin al-tajal-khalwati al-makassari
Menurut sejarah gowa, al-makassari dilahirkan di tollo wilayah kerajaan gowo dan meninggal di tanjung harapan afrika selatan pada 22 Dzul al-Qaidah/22 Mei 1699 M.
Ibunya bernama aminah putri gallarang mendongke, sepupu raja gowa yang pertama masuk islam. Raja gowa ke-14 bernama Mangorangi Daeng Maurabbiyah .
Dengan demikian ada pertalian darah dengan keluarga raja dan nanti pada usia muda al-makassari menikah dengan putri sultan gowa Ala’al-din yang dikenal sebagai mangarangi daeng maurabbiya ini .
Riwayat pendidikannya dimulai dari daerahnya sendiri karena secara tradisional wilayahnya telah di datangi oleh para da’i kelana yang kebanyakan berasal dari Aceh. Minangkabau kalimantan selatan, jawa, semenanjung melayu dan timur tengan .
Kota makassar sejak abad ke –15 sering didatangi pedagang melayu dan pedagang asing , dihubungkan dengan mata rantai jaringan perdagangan internasional dengan banten dan poelabuhan lain dipantai utara jawa serta dengan malaka dan aceh.
Ketika di banten al-makassari mendapati sulthan banten abu al-mafakhir abd al-qadir.
b) Perjuangannya
Syaikh yusuf al-makassari sesuatu selesai belajar yang dijalani selama 26 tahun, mulai berjuang sebagai pengajar, ulama,pengarang pembimbing tarekat. Pemimpin perlawanan terhadap Belanda. Pekerjaan mengajar sudah dimulai al-makassari sewaktu masih di makkah dalam rangkaian pembelajarannya kebanyakan muridnya berasal dari wilayah melayu. Indonesia baik dari kalangan jemaah haji maupun dari komunitas jawa di haramayn .
Kehadiran al-makassari menyebabkan nama banten menjadi lebih terkenal untuk berdatangan kesana dari segala penjuru nusantara, selama di Banten, ketika bertindak sebagai ulama besar, al-makassari juga mengajarkan tarekat khalwatiyah.
c) Ajarannya
Al-makassari adalah seorang ulama yang luar biasa tasawufnya tidak menjauhkan diri dari masalah dunia, ajaran dan amalannya menunjukkan aktivitas yang berjangkauan luas.
Dalam bidang ilmiah al-makassari menulis karya-karya dalam bahasa Arab yang sempurna. Hampir semua karyanya membicarakan tentang tasawuf.
Konsep utama tasawuf al-makassari adalah pemurnian kepercayaan (Aqidah) pada keesaan tuhan. Ini merupakan usahanya dalam menjelaskan tranmasendensi tuhan atas ciptaannya.
Dengan mengutif surat al-Makassari menulis semua karyawannya membicarakan tentang tasawuf.
Konsep utama tasawuf al-makassari adalah pemurnian kepercayaan (Aqidah) pada keesaan tuhan. Ini merupakan usahanya dalam menjelaskan transendensi tuhan atas ciptaannya.
Dengan mengutif surat al-ikhlas dan ayat al-qur’an lain yang menyatakan bahwa tidak ada yang dapat di perbandingkan dengan-Nya.
Ciri yang menonjol dari teologi al-makassari mengenai keesaan Tuhan adalah usahanya untuk mendamaikan sifat-sifat tuhan yang tampaknya sling bertentangan.
Al-Makassari membagi kaum briman ke dalam empat kategori:
1. orang yang hanya mengucapkan shahadat (pernyataan iman) tanpa benar-benar beriman,dinamakan orang munafik
2. orang yang mengucapkan syahadat dan menanamkannya dalam jiwa mereka dinamakan kaum beriman yang awam.
3. orang yang beriman yang benar-benar menyadari implikasi lahir dan bathin dari pernyataan keimanan dalam kehidupan mereka dinamakan golongan elite.
4. adalah kategori tertinggi orang beriman yang keluar dari golongan ketiga dengan jalan mengintensifkan syahadat mereka terutama dengan mengamalkan tasawuf dengan tujuan menjadi lebih dekat dengan tuhan mereka dinamakan yang terpilih dari golonganelite.
Al-Makassari menegaskan orang yang melaksanakan syariat lebih baik dari pada orang yang mengamalkan tasawuf namun mengabaikan ajaran hukum islam. Dengan demikian menurut al-makassari setiap orang yang ingin mengambil jalan tuhan harus mengamalkan semua ajaran syari’at sebelum dia memasuki tasawuf.
al-makassari mengemukakan ada tiga tingkatan orang yang dapat mendekati tuhan.
1. Cara Akhyar
2. Cara Mujahidat Al-Syaqa
3. Cara Zikir
Al-Makassari menjabarkan langkah-langkah menuju kemajuan spriritual yang harus dilakukan para kelana dijalan tuhan dengan m,emberi tekanan istimewah pada zikir. Dzikirnya adalah zikir vokal (Jahr) seperti diajarkan oleh Ibrahim al-Kuraini dan Muhammad Bin Abd Al-Baqi Al-Maqsabandy.
Sesuai dengan penyucian iman, zikir adalah pengakuan penuh akan keesaan tuhan, pada tingkat persiapan orang yang melakukan zikir tuhan. Pada tingkat persiapan orang yang melakukan zikir menegaskan bahwa dalam imannya tidak ada yang boleh disembah selain Allah..
Pada tingkat selanjutnya ia mengakui bahwa ia tidak mencari dan mencintai apapun kecuali tuhan.
Pada tingkat terakhir ia sepenuhnya percaya bahwa tidak ada wujud lain kecuali Tuhan. Tarekatnya ini kemudian dikenal dengan nama khalwatiyah yang dikemudian hari di kenal sebagai khalwatiyah yusufiyah. Terutama di sulawesi selatan.
Syaikh yusuf al-makassari di kenal di sulawesi dengan gelar kehormatan al-Tas al-khalwati “Mahkota tarekat khalwatiyah. Barangkali dialah orang yang pertama memperkenalkan tarekat ini di indonesia.
Al-makassari ketika di banten mulai mengajarkan tarekatnya di kalangan istana banten serta kalangan prajurit yang berasal dari sulawesi selatan. Dibanten pengajaran (tarekat) dierikan terutama kepada putra mahkota (sulan haji)

d) Tarekat khalwatiyah
Sebuah tarekat biasanya terdiri dari
1. latihan rohani
2. kehidupan kelompok
3. upacara keagamaan
4. kesadaran sosial


e) Ajaran-ajaran dasar thariqat khalwatiyah
Tarekat khalawatiyah mempunyai ajaran-ajaran dasar sebagai berikut:

1. yaqza
2. taubah
3. muhasabah
4. inabah
5. tafakur
6. ptisan
7. riyadah
8. tasyakur
9. sima’
dengan ajaran-ajran dasar yang ada seorang murid harus tawajjuh. Dan bagi calon seorang murid sebagai tahap awal menjelang pengalatan harus mengadakan penyucian batin, sikap dan perilaku yang tidak baik terlebih dahulu seprti Hasad, riya’ dan ghibah. Sesudah suci batinnya diisi dengan sikap dan perilaku terpuji seperti husn al-zhan , husn al0khuluq, husn al-adab

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN THARIQAT DI INDONESIA

About Author

Advertisement

Post a Comment

  1. ups sorry delete plz [url=http://duhum.com].[/url]

    ReplyDelete
  2. Thariqat yang sesuai dengan ajaran Nabi kita Muhammad SAW ialah Thariqat Ihsaniyah. Thariqat Ihsaniyah mengajarkan kepada kita bahwa beribadah dan beramal salehlah kamu dengan seolah-olah kamu melihat Allah SWT, walaupun kamu 'pasti' tidak bisa melihat Allah SWT, tapi kamu harus yakin bahwa Tuhan, Allah SWT Maha Melihat dan pasti melihat kamu dan malaikatpun ikut mengawasi kamu di kanan dan di kiri tubuhmu

    ReplyDelete

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top