Ikhsanudin Ikhsanudin Author
Title: MAKALAH PENGELOLAAN KELAS
Author: Ikhsanudin
Rating 5 of 5 Des:
MAKALAH PENGELOLAAN KELAS A. Pengertian Pengelolan Kelas Pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dengan sengaja dilakukan guna me...
MAKALAH PENGELOLAAN KELAS
A. Pengertian Pengelolan Kelas

Pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dengan sengaja dilakukan guna mencapai tujuan pengajaran.
Pengeloaan kelas merupakan salah satu tugas guru yang tidak pernah di tinggalkan guru selalu mengelola kelas ketika dia melaksanakan tugasnya. Pengeloaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan bejar yang baik bagi anak didik sehingga tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efesien.ketika kelas terganggu guru berusaha mengembalikannya agar tidak menjadi penghalang bagi proses belajar mengajar.


B. Tujuan

Pengelolaan kelas yang dilakukan guru bukan tanpa tujuan, karena ada tujuan itulah guru selalu berusaha mengelola kelas, walaupun terkadang kelelahan fisik maupun fikiran dirasakan. Guru sadar tanpa pengelolaan kelas dengan baik maka akan menghambat kegiatan belajar mengajarnya.
Secara umum tujuan pengelolaan kelas adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam –macam kegiatan, belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosial dan intelektual dalamkelas.
Suharimi Arikunto berpendapat bahwa tujuan pengelolaan kelas adalah agar setiap anak dapat bekerja dengan tertib sehingga segera tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efesien, menurutnya dari sebuah kelas yang tertib adalah apabila :
- Setiap anak terus bekerja, tidak macet artinya tidak anak yang terhenti karena tidak tahu, ada tugas yang harus dilakukan.
- Setiap anak harus melakukan pekerjaan tanpa membuang waktu artinya setiap anak akan bekerja secepatnya supaya lekas menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya
.

C. Berbagai Pendekatan Dalam Pengeloan Kelas
Keharmonisan hubungan guru dengan anak didik, tingginya kerjasama diantara anak didik tersimpul dalam bentuk interaksi karena itu lahirnya interaksi yang optimal tentu saja tergantung dari pendekatan yang guru lakukan dalam rangka pengelolaan kelas, berbagai pendekatan tersebut adalah:
- Pendekatan Kekuasaan.
- Pendekatan Ancaman
- Pendekatan Kebebasan
- Pendekatan Resep.
- Pendekatan Pengajaran.
- Pendekatan Perubahan Tingkah Laku.
- Pendekatan Suasanan Emosi dan Hubungan Sosial.
- Pendekatan Elastisatau Pluralistis.

D. Prinsip –prinsip Pengeloan Kelas

Diantara prinsip – prinsip pengelolaan kelas tersebut adalah :
- Hangat dan Antusias.
- Tantangan.
- Bervariasi
- Keluwesan
- Penekatan pada hal – hal yang positif.
- Penanaman Disiplin Diri.

E. Komponen – komponen Ketrampilan Pengelolaan Kelas

Komponen – komponen keterampilan pengelolaan kelas inipada umumnya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
a. Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal, terdiri dari ketrampilan sikap tanggap, membagi perhatian, pemusatan perhatian kelompok.
b. Ketrampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal.
Ketrampilan ini berkaitan dengan tanggapan guru terhadap ganguan anak didik yang berkelanjutan dengan maksud agar guru dapat mengadakan tindakan untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal. Dalam menanggapi setiap masalah anak didik dalam kelas guru dapat menggunakan strategi untuktindakan perhatian terhadap tingkah laku anak didik strategi itu adalah :
- Modefikasi tingkah laku.
- Pendekatan pemecahan masalah kelompok.
- Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah.

F. Beberapa Masalah Pengelolaan Kelas
Pengelolaan kelas bukanlah hal yang mudah dan ringan jangankan bagi guru yang baru menerjunkan diri kedalam dunia pendidikan, bagi guru yang sudah profesionalpun sudah merasakan betapa sukarnya mengelola kelas, namun begitu tidak pernah guru merasa jemuh dan kemudian jera mengelola kelas setiapkali mengajar di kelas.
Gagalnya seorang guru mencapai tujuan pengajaran sejalan dengan krtidak mampuan guru mengelola kelas, dari kegagalan itu adalah prestasi, belajar siswa renda, tidak sesuai dengan standar atau batas ukuran yang ditentukan karena itu,pengelolaan kelas merupakan kopetensi guru yang sangat penting di kuasai oleh guru dalam kerangka keberhasilan proses belajar – mengajar.

G. Penataan Ruang Kelas
Agar terciptanya suasana belajar yang mengairahkan,perlu diperhatikan pengaturan, penataan ruang kelas, belajar penyusunan dan pengaturan ruang belajar hendaknya memungkinkan anak duduk berkelompok danmemudahkan guru bergerak secara leluasa untukmembantu siswa dalam belajar. Dalam masalah penataan ruang kelas iniakan diarahkan pada pembahasan masalah pengaturan alat – alat pengajaran penataan keindahan dan kebersihan kelas dan ventilasi serta tata cahaya.

H. Pengaturan Siswa
Pengaturan siswa dikelas terutama berhubungan dengan masalah bagaimana pula pengelompokan siswa guna guna menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan kreatif, sehingga kegiatan belajar yang penuh kesenangan dan bergairah dapat bertambah dalam waktu yang relatif lama.
Kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan kelompok menghendaki peninjauan pada ospek individual siswa penempatan siswa memerlukan pertimbangan pada aspek postur tubuh siswa dimana menempatkan siswa yang mempunyai tubuh tinggi atau rendah, dimana menempatkan siswa yang memiliki kelainan penglihatan/pendengaran, siswa yang cerdas, yang bodoh yang pendiam, yang lincah dan suka berbicara, suka membuat keributan yang suka menggangu temannya,dan sebagainya, sebaiknya dipisah agar kelompok tidak di dominasi oleh satu kelompok tertentu.


PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari penguraian materi dari bab sebelumnya dapat disimpulkan dibawah ini :
- Menjadi seorang pendidik itu harus tau bagaimana cara mengelola kelas dengan baik agar tercapainya suatu pembelajaran yang efektif dan efesien.

B. Saran – saran

Dalam makalah ini mungkin masih banyak terdapat kesalahan atau kekurangan, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik ataupun saran – saran dari teman – teman serta penilai khususnya, dari makalah inipenulis menghimbau pada teman – teman agar lebih mendalami ilmu pengetahuan dan meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

C. Kata Penutup

Alhamdulillah, penulis dapat menyelesaikan makalah ini meskipun masih banyak kekurangan dan kesalahan,mudah – mudahan makalahini dapat bermanfaat bagi kita semua amin.
MAKALAH PENGELOLAAN KELAS

About Author

Advertisement

Post a Comment

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

 
Top